Selasa, 14 November 2023

Cara Melakukan Registrasi SIMPEL KLHK

Banyak yang tidak memiliki informasi spesifik tentang "SIMPEL" (Sistem Informasi Pelaporan Elektronik) Bidang Lingkungan Hidup, SIMPEL sendiri adalah aplikasi atau sistem informasi pelaporan elektronik untuk bidang lingkungan hidup yang dibangun oleh Kementerian Lingkungan Hidup RI. Aplikasi atau sistem lahir ditahun 2016 dan lahir pula peraturan menteri LHK no. 87 tahun 2016 Tentang Sistem Pelaporan Perizinan Bidang Lingkungan Hidup Bagi Usaha dan/atau Kegiatan. Dan pada PP 22 Tahun 2021 di sebutkan bahwa pelaporan lingkungan hidup wajib dilakukan melalui SIMPEL di pasal 146, pasal 197 point g(1), dan pasal 260 ayat 2.

Dengan adanya SIMPEL, pelaku usaha/kegiatan tidak perlu lagi melakukan pelaporan dengan cara konvensional (berupa hardcopy) tetapi sekarang bisa melakukan dengan secara elektronik.

Namun, secara umum, langkah-langkah untuk registrasi di sistem pelaporan elektronik seringkali mirip di berbagai tempat. Berikut adalah panduan umum yang bisa membantu Anda melakukan registrasi di sistem serupa, klik tanda panah untuk login ke SIMPEL.

  1. Tampilan halaman utama SIMPEL


  2. 1. Buat Akun Pengguna:

  3. Di situs web, cari opsi untuk membuat akun pengguna baru yang bagian bawah. Ada 2 Type akun untuk registrasi, yaitu untuk pelaku usaha/kegiatan dan untuk akun pemerintah daerah.

Tampilan login

  1. 2. Lengkapi Formulir Registrasi: Isi formulir registrasi dengan informasi yang diminta. Pastikan untuk memberikan informasi dengan benar dan lengkap. Perlu di ketahui untuk email yang dipakai adalah email yang aktif, karena untuk konfirmasi email dan nantinya akan dikirim email untuk pengiriman verifikasinya.


  2. Tampilan Registrasi

  3. Setelah isian formnya sudah di isi lengkap, maka selanjutnya upload "Formulir Registrasi" yang telah ditandatangan oleh pimpinan tertinggi di perusahaan. Untuk Format "Formulir Registrasi" tersedia di sistem, tinggal klik "Download Formlir Registrasi".

  1. 3. Menunggu Verifikasi Akun

  2. Setelah Klik "daftar", akan ada pemberitahuan ke email untuk menunggu akun akan di validasi oleh admin SIMPEL dan selanjut menunggu untuk diberi nama pengguna dan kata sandi. Proses menunggu validasi akun itu selama 14 hari kerja.


  3. 4. Setelah Akun sudah di Validasi Setelah akun sudah di validasi. Akun akan aktif dan bisa menggunakan SIMPEL ini untuk melakukan pelaporan khususnya di bidang lingkungan hidup.

Tampilan Beranda SIMPEL

Jadi SIMPEL adalah sistem yang akan memudahkan pelaku usaha/kegiatan untuk melakukan pelaporannya, disarankan untuk mencari panduan resmi (panduan resmi sudah terlampir di website) atau mendapatkan bantuan dari pihak berwenang terkait, seperti kantor lingkungan hidup setempat atau lembaga terkait dan atau sumber lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar